Beranda > Artikel, Education > Pelatihan Macromedia Flash

Pelatihan Macromedia Flash


Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA (HIMA IPA) Universitas Negeri Yogyakarta (Maret 2010) telah mengadakan pembekalan dan pelatihan dasar-dasar Macromedia Flash. Software Macromedia Flash sudah lazim dan mulai dilirik sebagai alternatif media pembelajaran, termasuk sebagai media pembelajaran IPA (Sains). Dengan menggunakan Macromedia Flash, pesan-pesan dan materi pembelajaran dapat disajikan lebih menarik, interaktif dan menyenangkan sehingga para peserta didik (siswa) lebih mudah dalam menyerap dan memahami materi yang disajikan.

Namun, penggunaan aplikasi software Macromedia Flash cukup rumit dan membutuhkan tingkat ketekunan dan ketelitian tinggi. Bahasa pemrograman lebih rumit jika dibandingkan aplikasi Microsoft Office Power Point yang lebih umum digunakan. Bertolak dari hal tersebut, HIMA IPA UNY berinisiatif memberikan pelatihan dasar kepada para mahasiswa agar lebih mudah menggunakan aplikasi ini karena di salah satu semester akan disampaikan Mata Kuliah Macromedia Flash (Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Komputer).

Acara Pelatihan Macromedia Flash dibuka dengan tilawah oleh Saudara Ary Gunawan (staf Penalaran), dilanjutkan sambutan-sambutan, yakni dari Saudara Andi Wibowo (Ketua Pelaksana) dilanjutkan Sambutan Ketua HIMA IPA 2010 Saudara Taufani Gumono, dan yang terakhir Sambutan sekaligus pembukaan oleh Bapak Dr. Dadan Rosana, M. Si. selaku Kaprodi Pendidikan IPA FMIPA UNY.

Pelatihan Macromedia Flash ini mengambil tema “Mengajar Asyik dengan Macromedia Flash”. Pemateri berasal dari intern mahasiswa Prodi Pendidikan IPA yaitu Saudara Apriyan Baskara (angkatan 2007) dan Saudara Zain Muhari Rahman (angkatan 2007).  Dengan tutor sebaya (kakak angkatan), suasana pelatihan menjadi lebih hangat, cair, dan penuh keakraban sehingga para peserta larut dalam kegiatan belajar secara optimal. Acara berlangsung cukup sukses dan menumbuhkan semangat yang luar biasa dari seluruh peserta.

Semoga acara tersebut dapat berlanjut di masa yang akan datang.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: