Beranda > Artikel, Education > Pembelajaan IPA Kolaboratif dengan Teka-teki Sains (TTS)

Pembelajaan IPA Kolaboratif dengan Teka-teki Sains (TTS)


Pembelajaran IPA Kolaboratif dengan TTS

Pembelajaran IPA Kolaboratif dengan TTS

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian peserta didik. IPA sebagai disiplin ilmu yang diajarkan secara terpadu (terintegrasi) mencakup aspek fisika, kimia, biologi, kebumian, dan antariksa. Hal inilah yang kadang menjadi penyebab IPA dirasa sulit karena dari segi konten yang cukup banyak ditambah beberapa bagiannya memerlukan perhitungan matematis.

Tak kenal maka tak sayang. Demikian idiom yang sering kita dengar. Mungkin demikian yang dialami peserta didik dalam pembelajaran IPA. Pengalaman masa lalu merasa “IPA itu sulit” menjadi mindset yang perlu diubah. Untuk menjembatani hal tersebut, diperlukan model dan metode pembelajaran yang menyenangkan (joyfull learning) dan bermakna (meaningfull learning) untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran IPA.

Program WIB NETTV

Program WIB NETTV

Salah satu program televisi Waktu Indonesia Bercanda (WIB) yang ditayangkan stasiun TV swasta NETTV cukup digandrungi peserta didik. Salah satu segmen yang menarik dan menumbuhkan rasa ingin tahu (curiosity) adalah Teka-Teki Sulit (TTS). Peserta didik sering meniru dan mengadaptasi program tersebut dalam permainan di kelas. Realita inilah yang membuat penulis (sebagai pendidik IPA) mencoba menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan metode diskusi berbantuan Teka-Teki Silang (TTS) IPA.

Pengkondisian Kelas

Materi IPA aspek biologi sangat banyak menampilkan informasi, definisi, dan istilah-istilah. Hal ini memungkinkan untuk dibelajarkan menggunakan TTS. Stimulus berupa pertanyaan atau clue akan menjadi daya tarik sendiri bagi siswa untuk memecahkan masalah (problem solving) dengan cara mengkaji literatur, baik dari buku sumber maupun internet. Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok dan dikondisikan layaknya kuis sehingga muncul semangat kolaboratif (dalam grup) untuk saling berkompetisi (antar-grup).

Kegiatan Diskusi Siswa

Kegiatan Diskusi Siswa

Masing-masing kelompok diberikan kesempatan berdiskusi selama satu jam pelajaran untuk menyelesaikan TTS yang ada. Setelah itu diadakan pembahasan dengan cara pengumpulan poin akumulasi masing-masing kelompok. Guru menyiapkan hadiah (reward) untuk kelompok yang berhasil mengumpulkan point tertinggi.

Literasi dan Pembelajaran Menyenangkan

Model pembelajaran ini menuntut peserta didik untuk mencari jawaban dari berbagai pertanyaan (clue) yang diberikan. Hal ini mendorong peserta didik mengkaji literatur dari buku sumber maupun internet. Dengan demikian, diharapkan literasi peserta didik pun mengalami peningkatan. Kebiasaan membaca perlu untuk dibudayakan sebagai kebutuhan.

Menurut pengamatan penulis (selaku guru di kelas), peserta didik tampak antusias dan menikmati pembelajaran. Terlihat semangat dan serius dalam mencari jawaban dan muncul ekspresi kegembiraan saat menemukannya. Kelas menjadi hidup, pembelajaran IPA yang biasanya dianggap sulit menjadi lebih menarik dan mengasyikkan. Demikian hasil wawancara dan refleksi peserta didik melalui angket.

Pembelajaran Menyenangkan

Pembelajaran Menyenangkan

Refleksi dan Repiklasi

Model pembelajaran kolaboratif menggunakan metode diskusi berbantuan TTS sangat mudah direplikasi untuk semua mata pelajaran, khususnya untuk materi-materi yang kaya akan definisi dan istilah. Proses pembuatan TTS pun akan sangat mudah menggunakan aplikasi EclipseCrossWord yang bisa diunduh secara gratis (cukup searching di Google, nanti akan diarahkan ke website untuk mengunduhnya). Sekolah adalah taman yang menyenangkan, demikian disampaikan Ki Hajar Dewantara. Mari kita mengajar dengan hari untuk menyentuh hati peserta didik kita. There is a will, there is a way.

Artikel telah dipublikasikan di Gurusiana.com

Ary Gunawan, Guru IPA SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman.

Iklan
  1. 17 Februari 2018 pukul 15:27

    Hi there to every body, it’s my first visit of this
    website; this weblog contains amazing and actually good data in
    favor of visitors.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: